Tuesday, May 28, 2013

STRATEGI SOGO: Manfaat Program Gift Card Bagi Pelanggan SOGO Department Store.


STRATEGI SOGO: Manfaat Program Gift Card Bagi Pelanggan SOGO Department Store.
Merupakan pengaruh yang signifikan terutama bagi SOGO di kota Surabaya (Tunjungan Plaza dan Galaxy Mall). Sejak dibuka dari tahun 2001 hingga 2013, pelanggan setia SOGO tetap bertahan ditengah bukanya peritel di segmen menengah atas (Department Store dengan Grade A).


Dimulai dari kerjasama dengan HSBC Bank yang mensyaratkan program cicilan, diskon harga sampai perolehan cashback (rebate 10% dari total belanja yang dimasukkan ke dalam SOGO Gift Card) merupakan strategi SOGO dalam menarik pelanggan loyalnya untuk tetap belanja di SOGO.
Misal minimal belanja Rp.500.000,- (dengan menggunakan hanya HSBC Card Debet/Kredit, maka pelanggan akan mendapatkan 10% X Rp.500.000,- = Rp.50.000, yang langsung dimasukkan ke SOGO Gift Card).

Jadi pelanggan mempuyai dana dengan nominal Rp.50.000,- yang bisa dibelanjakan tanpa syarat apapun (sebagai pengganti uang).

Manfaat program ini juga disesuaikan dengan program toko (in store program), program mall (tempat SOGO berada) sampai program nasional yang sudah termasuk dalam agenda program sale SOGO.
Hingga di awal 2011, sukses tersebut diulangi SOGO dengan menggandeng bank asal AS, Citibank.
Penawaran Citibank ini berlangsung selama satu tahun di gerai-gerai merek yang dikelola oleh Mitra Adiperkasa. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Citi Country Officer Shariq Mukhtar dan Group CEO MAPI V.P. Sharma.

“Penandatanganan kerjasama ini merupakan langkah penting kolaborasi Citibank dan MAPI. Mitra Adiperkasa telah menjadi mitra usaha kami selama bertahun-tahun,” kata Shariq.
Menurutnya, beberapa tahun terakhir ini, fashion selalu menempati peringkat teratas dalam permintaan konsumen dan merupakan pengeluaran tertinggi di industri kartu kredit indonesia.
Ia menambahkan, berdasarkan survey sebanyak 57 persen dari transaksi kartu kredit di Indonesia paling sering digunakan untuk belanja pakaian, sepatu dan aksesoris. Kerjasama ini berlangsung mulai 1 Maret 2010 hingga 28 Februari 2011.

Layanan eksklusif yang disebut Citi Platinum Personal Assistant memberi kemudahan seperti mendapat bantuan personal shopper service, update koleksi terbaru yang dibawa langsung ke rumah, layanan pesan antar melalui telepon dan hadiah-hadiah lainnya.



No comments:

Post a Comment