STRENGHT/
KEKUATAN
WEAKNESS/
KELEMAHAN
FAKTOR
STRATEGIS
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Harga vinyl lebih
mahal (Premium)
|
3
|
0.33
|
-3
|
-0,9
|
Innovasi yang kurang
dikembangkan dalam perusahaan.
|
3
|
0.33
|
-3
|
-0.9
|
Pembayaran pajak
reklame yang sering bermasalah.
|
3
|
0.33
|
-4
|
-1,32
|
9
|
0.99
|
-10
|
-3,12
|
OPPORTUNITY/
KESEMPATAN
FAKTOR STRATEGIS
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Bisnis Reklame di Indonesia terus bertumbuh. |
4
|
0,4
|
4
|
1,6
|
Faktor gengsi/ prestige kepada klien yang menggunakan media
iklan billboard, dan menambah nilai brand |
3
|
0,3
|
3
|
0,9
|
Konsumen loyal terutama untuk titik strategis (Rokok/Operator Seluler). |
3
|
0,3
|
4
|
1,2
|
10
|
1
|
11
|
3.7
|
THREAT/
ANCAMAN
FAKTOR STRATEGIS
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Banyak perusahaan advertising menawarkan harga yang lebih kompetitif terhadap klien |
4
|
0.25
|
-3
|
-0.75
|
Banyak perusahaan yang ingin mendirikan titik reklame di lahan sendiri (isidentil), sehingga pengelolaan oleh pemilik lahan sendiri |
3
|
0.18
|
-3
|
-0.54
|
Tim marketing yang sangat mudah dibajak/ hijacked |
3
|
0,18
|
-2
|
-0,32
|
Perda reklame yang selalu berubah terutama menyangkut kebijakan pemerintah daerah/pusat. |
3
|
0,18
|
-4
|
-0,72
|
Permasalahan pajak yang bisa mengganggu kerjasama dengan klien |
3
|
0.18
|
-4
|
-0.72
|
16
|
0,97
|
-13
|
-3.05
|
Berdasarkan hasil-hasil
yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada tabel,
seperti dituliskan di
atas, hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut :
Skor Total Kekuatan :
5.23
Skor Total Kelemahan : -3.12
Skor Total Peluang : 3.7
Skor Total Ancaman : -3.05
Skor Total Kelemahan : -3.12
Skor Total Peluang : 3.7
Skor Total Ancaman : -3.05
Selain itu, penentuan koordinat
dari gambar tsb adalah sebagai berikut :
Koordinat Analisis Internal = (Skor
total Kekuatan – Skor total kelemahan) : 2 = (5.23 – 3,12)
: 2 = 1.1
Koordinat Analisis Eksternal = (Skor
total Peluang – Skor total Ancaman) : 2 = (3.7– 3.05) : 2 = 0.32
KUADRAN
|
POSISI
TITIK
|
LUAS
MATRIX
|
RANGKING
|
PRIORITAS
STRATEGI
|
||
I
|
SO
|
5.23
|
3.7
|
19.35
|
1
|
Growth
|
II
|
WO
|
-3.12
|
3.7
|
-11.54
|
3
|
Penciutan
|
III
|
WT
|
-3.12
|
-3.05
|
9.51
|
4
|
Stabilitas
|
IV
|
ST
|
5.23
|
-3.05
|
-15.95
|
2
|
Kombinasi
|
Jika dilihat dari keberadaan
rangking yang terbesar adalah terletak pada prioritas strategi Growth. Sehingga strategi umum yang bisa diambil oleh WarnaWarni
Advertising adalah Diversifikasi
Konsentrik (Concentric
Diversification).
Hal ini dikarenakan dalam bidang reklame (contoh, untuk skala Kota Surabaya), WW kalah bersaing dengan para kompetitor dalam hal harga.
Sehingga WW mendirikan perusahaan baru dengan yang bergerak dalam bidang advertising:
1.Untuk segmentasi menengah, yaitu Rhema Advertising. (Berada di Jl. Mayjen Sungkono).
2.Dengan media internet, yaitu Nearby.co.id. (Bisa diakses dari Blackbery, Android, Iphone, maupun Windowsphone).
Hal tersebut diharapakan bisa mengurangi kerugian yang bisa dialami oleh lesunya pemasaran reklame oleh Warna Warni Advertising.
Hal ini dikarenakan dalam bidang reklame (contoh, untuk skala Kota Surabaya), WW kalah bersaing dengan para kompetitor dalam hal harga.
Sehingga WW mendirikan perusahaan baru dengan yang bergerak dalam bidang advertising:
1.Untuk segmentasi menengah, yaitu Rhema Advertising. (Berada di Jl. Mayjen Sungkono).
2.Dengan media internet, yaitu Nearby.co.id. (Bisa diakses dari Blackbery, Android, Iphone, maupun Windowsphone).
Hal tersebut diharapakan bisa mengurangi kerugian yang bisa dialami oleh lesunya pemasaran reklame oleh Warna Warni Advertising.
No comments:
Post a Comment