Wednesday, May 29, 2013

Analisis SWOT Dan Diagram SWOT

STRENGHT/ KEKUATAN
FAKTOR STRATEGIS

NILAI

BOBOT
RATING
SKOR
Memiliki printing sendiri.
3
0.21
3
0.63
Meraih kepercayaan dari klien-klien besar terhadap penggunaan media advertising.
4
0.28
4
1.12
Banyak mempuyai titik premier di kota-kota besar Indonesia
4
0,4
4
1,6
Percepatan tayang iklan karena semua media reklame dimiliki sendiri
3
0,3
3
0,9
Mengendalikan biaya dan volume produksi terhadap target
3
0.21
2
0.42
Struktur Personalia yang berbeda dengan Operasional
2
0.14
2
0.28
Manajemen open share selama 24 Jam
2
0.14
2
0.28

21
2.09
20
5.23

WEAKNESS/ KELEMAHAN
FAKTOR STRATEGIS
NILAI
BOBOT
RATING
SKOR
Harga vinyl lebih mahal (Premium)
3
0.33
-3
-0,9
Innovasi yang kurang dikembangkan dalam perusahaan.
3
0.33
-3
-0.9
Pembayaran pajak reklame yang sering bermasalah.
3
0.33
-4
-1,32

9
0.99
-10
-3,12

OPPORTUNITY/ KESEMPATAN
FAKTOR STRATEGIS
NILAI
BOBOT
RATING
SKOR
Bisnis Reklame di Indonesia terus bertumbuh.
4
0,4
4
1,6
Faktor gengsi/ prestige kepada klien yang menggunakan media iklan billboard, dan menambah nilai brand


3
0,3
3
0,9
Konsumen loyal terutama untuk titik strategis (Rokok/Operator Seluler).
3
0,3
4
1,2






10
1
11
3.7

THREAT/ ANCAMAN
FAKTOR STRATEGIS
NILAI
BOBOT
RATING
SKOR
Banyak perusahaan advertising menawarkan harga yang lebih kompetitif terhadap klien
4
0.25
-3
-0.75
Banyak perusahaan yang ingin mendirikan titik reklame di lahan sendiri (isidentil), sehingga pengelolaan oleh pemilik lahan sendiri
3
0.18
-3
-0.54
Tim marketing yang sangat mudah dibajak/ hijacked
3
0,18
-2
-0,32
Perda reklame yang selalu berubah terutama menyangkut kebijakan pemerintah daerah/pusat.
3
0,18
-4
-0,72

Permasalahan pajak yang bisa mengganggu kerjasama dengan klien


3
0.18
-4
-0.72

16
0,97
-13
-3.05


Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada tabel,
seperti dituliskan di atas, hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut :
Skor Total Kekuatan : 5.23
Skor Total Kelemahan : -3.12
Skor Total Peluang : 3.7
Skor Total Ancaman : -3.05


Selain itu, penentuan koordinat dari gambar tsb adalah sebagai berikut :

Koordinat Analisis Internal = (Skor total Kekuatan – Skor total kelemahan) : 2 = (5.23 – 3,12) : 2 = 1.1

Koordinat Analisis Eksternal = (Skor total Peluang – Skor total Ancaman) : 2 = (3.7– 3.05) : 2 = 0.32

KUADRAN
POSISI TITIK
LUAS MATRIX
RANGKING
PRIORITAS STRATEGI
I
SO
5.23
3.7
19.35
1
Growth
II
WO
-3.12
3.7
-11.54
3
Penciutan
III
WT
-3.12
-3.05
9.51
4
       Stabilitas
IV
ST
5.23
-3.05
-15.95
2
Kombinasi

 Jika dilihat dari keberadaan rangking yang terbesar adalah terletak pada prioritas strategi Growth. Sehingga strategi umum yang bisa diambil oleh WarnaWarni Advertising adalah Diversifikasi Konsentrik (Concentric Diversification).
       Hal ini dikarenakan dalam bidang reklame (contoh, untuk skala Kota Surabaya), WW kalah bersaing dengan para kompetitor dalam hal harga.
Sehingga WW mendirikan perusahaan baru dengan yang bergerak dalam bidang advertising:
1.Untuk segmentasi menengah, yaitu Rhema Advertising. (Berada di Jl. Mayjen Sungkono).
2.Dengan media internet, yaitu Nearby.co.id. (Bisa diakses dari Blackbery, Android, Iphone, maupun Windowsphone).

Hal tersebut diharapakan bisa mengurangi kerugian yang bisa dialami oleh lesunya pemasaran reklame oleh Warna Warni Advertising.







No comments:

Post a Comment