Wednesday, October 2, 2013

TUGAS SALESMANSHIP (II): Motivasi Adalah Faktor Utama Didalam Perbaikan Aspek Pelayanan Pelanggan.


Motivasi Adalah Faktor Utama Didalam Perbaikan
Aspek Pelayanan Pelanggan
                                                                                Oleh       : Andika Yudhistira*
                                                                                NIM         : 01211077


“Lakukan apa yang Anda lakukan dengan sangat baik, maka pelanggan
akan meliliatnya lagi dan membawa teman-temannya.”
(Walt Disney)
Topik Pembahasan :

D
idalam upaya perbaikan aspek pelayanan pelanggan, maka motivasi mempuyai andil besar terhadap besarnya keberhasilan tersebut. Sehingga kita harus mengenal pengertian Motivasi secara umum. Seringkali Motivasi dapat diartikan dengan istilah dorongan.
D
orongan atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Serta suatu driving force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah-laku, dan di dalam perbuatannya itu mempunyai tujuan tertentu. Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu dimulai dengan motivasi (niat).

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi

Motivasi seseorang sangat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu :

a. Faktor Internal: (faktor yang berasal dari dalam diri individu),  terdiri atas:
  1. Persepsi individu mengenai diri sendiri:
Ø  Berupa proses kognitif. Persepsi seseorang tentang dirinya mendorong perilaku bertindak.
  1. Harga diri dan prestasi:
Ø  Untuk berusaha agar menjadi  pribadi lebih baik merupakan salah satu alasan.
  1. Harapan:
Ø  Merupakan informasi objektif dari lingkungan yang mempengaruhi sikap dan perasaan seseorang.
  1. Kebutuhan:
Ø  akan mendorong untuk menghindari dan memberi respon pada tekanan yang dialaminya.
  1. Kepuasan kerja:
Ø  lebih merupakan suatu dorongan afektif yang muncul dalam diri individu untuk mencapai goal.

b. Faktor Eksternal: (faktor yang berasal dari luar diri individu), terdiri atas:
  1. Jenis dan sifat pekerjaan:  
Ø  Kondisi ini dipengaruhi oleh sejauh mana nilai imbalan yang dimiliki oleh objek pekerjaan
  1. Kelompok kerja dimana individu bergabung:
Ø  individu mendapat kebutuhan nilai-nilai/memberikan arti bagi individu dalam kehidupan sosial.
  1. Situasi lingkungan pada umumnya:
Ø  terdorong untuk berhubungan dalam melakukan interaksi secara efektif dengan lingkungannya
  1. Sistem imbalan yang diterima:
Ø  dapat mendorong individu untuk berperilaku dalam mencapai tujuan/tercapainya imbalan.

Analisa dari Penulis :

Motivasi yang kuat tidak hanya berada dalam diri karyawan, namun juga harus dimiliki oleh semua pemangku kepentingan (Stake Holders) di dalam perusahaan baik dalam level bawah hingga level paling atas.

Karena, secara khusus bahwa Motivasi juga terdiri dari 4 faktor yang saling berhubungan (3 faktor internal dan hanya 1 faktor ekternal), yaitu :
ü  Spirit                       : Pendorong diluar kemampuan kita dalam mencapai tujuan.
ü  Hasrat                    : Keinginan untuk meraih, menciptakan sesuatu dan merupakan factor
penunjang utama.
ü  Ego                         : Bentuk penetrasi negative yang mempengaruhi “confident”.
Hambatan            : Satu-satunya factor eksternal didalam motivasi.

Motivasi yang bagus akan pula berdampak secara bagus terhadap faktor fisiologis yang diharapkan menghasilkan rasa aman di dalam pergaulan sosial/ network yang dimiliki karyawan.

Jika disemua lini kehidupan timbul motivasi yang bagus maka semua tujuan bersama akan dapat dicapai dengan bagus pula. Seperti didalam pekerjaan, mulai dari staff bawah akan dapat membangun motivasi yang baik setelah melihat apa yang dicontohkan oleh atasan mereka.

Sehingga didalam rangka perbaikan aspek pelayanan pelanggan, tidak hanya menjadi tugas para “frontliner” atau karyawan yang berada di lini depan, namun ada semangat luar biasa yang diberikan atasan mereka dari belakang.

Sehingga kunci utama motivasi yang merupakan harapan dan realitas seseorang dalam upaya merubah kondisi diri menjadi sesuatu yang beda dapat terbantu dengan adanya kesamaan visi dan misi di sekitar lingkungannya.
 

Sumber Bacaan :
https://forumpramugari.wordpress.com/2011/05/

No comments:

Post a Comment