Motivasi
Adalah Faktor
Utama Didalam
Perbaikan
Aspek Pelayanan Pelanggan
Oleh : Andika
Yudhistira*
NIM : 01211077
“Lakukan
apa yang Anda lakukan dengan sangat baik, maka pelanggan
akan meliliatnya lagi dan membawa teman-temannya.”
(Walt Disney)
akan meliliatnya lagi dan membawa teman-temannya.”
(Walt Disney)
Topik Pembahasan :
D
|
idalam upaya
perbaikan aspek pelayanan pelanggan, maka motivasi mempuyai andil besar
terhadap besarnya keberhasilan tersebut. Sehingga
kita harus mengenal pengertian Motivasi secara umum. Seringkali Motivasi dapat diartikan
dengan istilah dorongan.
D
|
orongan atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan
jasmani untuk berbuat. Serta suatu driving
force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah-laku, dan di dalam
perbuatannya itu mempunyai tujuan tertentu. Setiap tindakan yang dilakukan oleh
manusia selalu dimulai dengan motivasi (niat).
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi
Motivasi
seseorang sangat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu :
a. Faktor Internal: (faktor
yang berasal dari dalam diri individu), terdiri atas:
- Persepsi individu mengenai diri sendiri:
Ø Berupa proses
kognitif. Persepsi seseorang tentang dirinya mendorong perilaku bertindak.
- Harga diri dan prestasi:
Ø Untuk berusaha
agar menjadi pribadi lebih baik merupakan
salah satu alasan.
- Harapan:
Ø Merupakan
informasi objektif dari lingkungan yang mempengaruhi sikap dan perasaan seseorang.
- Kebutuhan:
Ø akan mendorong untuk
menghindari dan memberi respon pada tekanan yang dialaminya.
- Kepuasan kerja:
Ø lebih merupakan
suatu dorongan afektif yang muncul dalam diri individu untuk mencapai goal.
b. Faktor Eksternal: (faktor yang
berasal dari luar diri individu), terdiri atas:
- Jenis dan sifat pekerjaan:
Ø Kondisi ini dipengaruhi
oleh sejauh mana nilai imbalan yang dimiliki oleh objek pekerjaan
- Kelompok kerja dimana individu bergabung:
Ø individu
mendapat kebutuhan nilai-nilai/memberikan arti bagi individu dalam kehidupan
sosial.
- Situasi lingkungan pada umumnya:
Ø terdorong untuk
berhubungan dalam melakukan interaksi secara efektif dengan lingkungannya
- Sistem imbalan yang diterima:
Ø dapat mendorong
individu untuk berperilaku dalam mencapai tujuan/tercapainya imbalan.
Analisa dari Penulis :
Motivasi yang
kuat tidak hanya berada dalam diri karyawan, namun juga harus dimiliki oleh
semua pemangku kepentingan (Stake Holders)
di dalam perusahaan baik dalam level bawah hingga level paling atas.
Karena, secara
khusus bahwa Motivasi juga terdiri dari 4 faktor yang saling berhubungan (3
faktor internal dan hanya 1 faktor ekternal), yaitu :
ü
Spirit :
Pendorong diluar kemampuan kita dalam mencapai tujuan.
ü
Hasrat :
Keinginan untuk meraih, menciptakan sesuatu dan merupakan factor
penunjang utama.
ü
Ego :
Bentuk penetrasi negative yang mempengaruhi “confident”.
Hambatan : Satu-satunya factor eksternal
didalam motivasi.
Motivasi yang bagus akan pula berdampak secara bagus terhadap faktor
fisiologis yang diharapkan menghasilkan rasa aman di dalam pergaulan sosial/
network yang dimiliki karyawan.
Jika disemua lini kehidupan timbul motivasi yang bagus maka semua tujuan
bersama akan dapat dicapai dengan bagus pula. Seperti didalam pekerjaan, mulai
dari staff bawah akan dapat membangun motivasi yang baik setelah melihat apa
yang dicontohkan oleh atasan mereka.
Sehingga didalam rangka perbaikan aspek pelayanan pelanggan, tidak hanya
menjadi tugas para “frontliner” atau karyawan yang berada di lini depan, namun
ada semangat luar biasa yang diberikan atasan mereka dari belakang.
Sehingga kunci utama motivasi yang merupakan harapan dan realitas
seseorang dalam upaya merubah kondisi diri menjadi sesuatu yang beda dapat
terbantu dengan adanya kesamaan visi dan misi di sekitar lingkungannya.
Sumber
Bacaan :
https://forumpramugari.wordpress.com/2011/05/
No comments:
Post a Comment